Thursday, August 7, 2008

BLacK HoLe


ketika sebuah galaksi terbentuk , pusatnya (tempat sebagian besar materialnya berada) menjadi sangat rapat n membentuk sebuah bintang yg sangat besar . Kadang-kadang bintang bentukan ini dapat berukuran jutaan kali lebih besar dari pada Matahari n sebuah lubang hitam dapat terbentuk di pusatnya.
Bintang adalah bola raksasa yg terbentuk dari gas hidrogen dan debu yg dipersatukan oleh gaya gravitasi . Saat gas hidrogen dan debu tersedot ke dalam , suhu bintang tsb meningkat , menyebabkan gas hidrogen berubah menjadi helium . Hampir pada seluruh masa hidup sebuah bintang , pelepasan energi ini menyeimbangkan tarikan gravitasi yg kearah dalam . Meskipun demikian , saat bintang kehabisan gas hidrogen , gaya tarik gravitasi akan melebihi energi yg dilepaskan . Akibatnya , bintang tsb mulai mengerut dan saat lapisan luarnya mulai tertarik ke dalam , inti bintang tsb memadat dan memanas hingga miliaran derajat celcius .
Jika pada awalnya bintang tsb mempunyai massa sekitar 5 kali lebih besar daripada massa Matahari kita , bintang tsb kemudian meledak dalam sebuah supernova dan lapisan luarnya akan terlempar keluar angkasa , yg tersisa adalah inti yg sangat padat dan sangat besar . Gaya gravitasi ini tsb sedemikian kuat sehingga terus menerus mengempis sampai benar-benar menghilang dari pandangan . Para ilmuwan menyebut inti yg menghilang ini dengan nama " LUBANG HITAM ".

0 comments:

Template by:

Free Blog Templates